Twitter. Yah, itu lah media social yang belakangan cukup terkenal bahkan konon akan mampu
mengeser facebook dkk. Nah, karena berhubung demikian, sebaiknya sobat blogger menggunakan twitter sebagai media social untuk menggaet fans blog Anda. Sudah tentu fungsi utamanya untuk promosi blog dan tempat fans berinteraksi. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan banyak follower (pengikut), untuk itu dibuatlah social plugin twitter di blog. Widget ini akan secara otomatis menampilkan tweet di blog. Penasaran ingin tahu cara pembuatan plugin twitter?


Langkah pertama, tentunya Anda harus sudah memiliki akun twitter yang akan Anda buat pluginnya dan selanjutnya login (masuk) ke akun Anda.

Langkah kedua, sorotkan mouse Anda ke pojok kanan atas, klik menu penggaturan (menu setting) atau ditandai dengan simbol roda bergerigi, kemudian pilih tab "pengaturan". Perhatikan gambar berikut ini : (klik tab nomor 1, kemudian tab nomor 2 dan terakhir tab nomor 3)



Langkah ketiga, Setelah Anda pilih atau klik tab "widget" (nomor 3 pada langkah kedua), kemudian pilih tab "Buat baru" seperti yang terlihat pada gambar di bawah :

  


Langkah keempat, menyetel atau custom timeline (kotak nomor 5); Berikutnya menentukan tinggi (tinggi minimal harus 250px) untuk lebar (wight) akan otomatis mengikuti lebar di sidebar blog Anda dan tema, hanya tersedia terang dan gelap  saja (kotak nomor 6); Dan selanjutnya, klik tab "Buat widget" (kotak nomor 7).



Langkah kelima atau langkah terakhir, Anda akan mendapatkan kode yang dapat Anda pasang di blog Anda. Kode pemasangan akan terlihat di bawah preview plugin twitter.



Untuk memasang/mengaitkan plungin twitter ke blog Anda,
1. Masuk ke blog.
2. Pilih "Tata Letak"
3. Pilih "Tambahkan Gadget"
4. Pilih "HTML/Javascript".
5. Pastekan "kode plugin twitter" dan "save", seret widget Anda ke tempat yang Anda inginkan.
6. Save. Selesai.


Semoga artikel ini bermanfaat.


Post a Comment

 
Top